Patirtan Belahan (Candi Tete’)

Candi Belahan 4Gempol (wartawisata)-Petirtaan Belahan, juga dikenal dengan sebutan Candi Belahan, merupakan sebuah Petirtaan (pemandian) yang terletak di lereng Gunung Penanggungan. Tepatnya berlokasi di Desa Belahan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.  Petirtaan ini sering disebut oleh penduduk sekitar dengan sebutan Candi Tetek, karena adanya pancuran air yang disalurkan lewat tetek dari salah satu arca.

Akses menuju lokasi, bisa melalui tiga jalur, lewat jalur Watukosek, lewat Raya Gempol-Apollo, atau juga lewat jalur pandaan.
Akses paling recommended adalah melalui jalan raya Gempol-Pandaan, dari pertigaan Pom Bensin Pelem , menuju ke arah barat dan berjarak kurang lebih berjarak 10 km dari jalan utama.Candi tete
Perjalanan kurang lebih 30 menit, menyusuri perkampungan penduduk, diselingi dengan hamparan bukit dan persawahan.
Petirtaan Belahan merupakan sebuah pemandian berbentuk kolam persegi empat yang mendapat pasokan air dari sebuah sungai kecil. Dinding sebelah barat belakang mengepras lereng gunung Penanggungan dengan bentuk relung-relung yang dahulunya berisi arca perwujudan Airlangga sebagai dewa Wishnu. Dengan ukuran panjang 6,14 m dan lebar 6,14 m.
Diperkirakan dibangun pada masa Raja Airlangga. Serta dipercaya pula sebagai tempat pemakaman beliau, hal ini dibuktikan dengan keberadaan candrasengkala yang terpahat pada sebongkah batu besar, berangka tahun 1049 masehi.

sumber : pasuruantourism.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s